;

Fungsi Defrost Heater Pada Kulkas Dua Pintu

Fungsi Defrost Heater Pada Kulkas Dua Pintu

Defrost heater merupakan alat yang berfungsi untuk membantu mempercepat pencairan bunga es pada evaporator kulkas dua pintu dengan menggunakan elemen pemanas. Defrost heater bekerja secara bergantian dengan kompresor yang diatur oleh timer, setelah kontak pada timer memutuskan aliran listrik yang masuk ke kompresor dan mengalihkannya ke defrost heater maka elemen pemanas akan bekerja, kemudian temperatur disekitar evaporator akan naik sampai seluruh bunga es mencair, defrost heater akan mati setelah defrost thermostat menerima suhu yang dihasilkan oleh defrost heater. Permasalahan yang sering terjadi pada defrost heater diantaranya:
  1. Pada kulkas 2 pintu kebanyakan menggunakan defrost heater yang elemen pemanasnya diletakkan pada tabung kaca, sehingga ketika elemen pemanas menyala dan temperatur tabung kaca meningkat maka bunga es pada evaporator mencair, jika air tersebut terkena tabung kaca akan berpotensi tabung kaca pecah karena perubahan suhu secara tiba-tiba pada permukaan tabung kaca.
  2. Penggunaan defrost heater pada kulkas 2 pintu dilengkapi dengan fuse yang berfungsi untuk menjaga agar suhu pada evaporator tidak terlalu tinggi jika defrost thermostat mengalami kerusakan/short karena kemasukan air. Biasanya defrost thermostat diletakkan pada tempat yang paling jauh dari defrost heater hal ini dilakukan agar bunga es yang terjauh dari defrost heater tetap dapat mencair, sedangkan fuse diletakkan lebih dekat dari pada defrost thermostat sebab batasan suhu fuse lebih tinggi dari pada sensor defrost.
  3. Fungsi Defrost Heater Pada Kulkas Dua Pintu

    Fungsi Defrost Heater Pada Kulkas Dua Pintu

  4. Elemen pemanas yang berbentuk kawat dan memiliki diameter yang sangat kecil sangat mudah putus jika terkena air secara langsung apabila tabung kaca pecah selain itu panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas sering kali menyebabkan kabel yang mengalirkan listrik pada elemen pemanas ikut terkena panas sehingga mudah putus
Demikianlah permasalahan yang sering terjadi pada defrost heater.

Ciri-ciri yang ditimbulkan akibat defrost heater tidak bekerja dengan baik adalah timer tidak mau menyala kembali dan terjadi bunga es yang berlebih pada evaporator sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin.

Artikel Terkait

1 comments:

Zona Teknik said...

wah artikelku dijiplak semua.... cantumin alamat web yang asli dong jangan cuma copas aja,,, itu merugukan