;

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin

Kulkas satu pintu merupakan lemari pendingin yang cara kerjanya lebih sederhana dibanding dengan lemari pendingin yang lainnya. Kulkas satu pintu tidak dilengkapi dengan alat bantu sirkulasi udara seperti fan dan defrost sebagai penghilang frost secara otomatis, sehingga kerusakan yang terjadi pada kulkas satu pintu kebanyakan pada sistem refrigran. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kulkas satu pintu tidak dingin yang sering terjadi:

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin
kolkas 1 pintu
  1. Terjadi kebocoran refrigran atau freon pada sistem refrigran yang mengakibatkan proses pendinginan tidak berjalan dengan baik sebab tidak adanya refrigran sebagai media perpindahan panas dari dalam kulkas menuju luar kulkas.
  2. Terjadi kerusakan pada kompresor yang mengakibatkan sirkulasi refrigran tidak maksimal, sehingga proses pendinginan akan berkurang bahkan tidak dingin sama sekali tergantung seberapa parah kerusakan kompresor tesebut.
  3. Terjadi kebuntuan pada sistem refrigran yang mengakibatkan proses sirkulasi refrigran tidak lancar. Buntu pada sistem refrigran biasanya terjadi pada pipa kapiler sebab diameter lubang pipa kapileh lebih kecil dari ada diameter pipa yang lainnya.
  4. Kerusakan pada rangkain kelistrikan yang meliputi seluruh komponen listrik seperti PTC, thermostat, dan overload. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut akan mengakibatkan kulkas tidak dingin.
  5. Pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat hal ini biasanya terjadi karena karet pintu pada pintu kulkas sudah tidak rata atau sobek yang mengakibatkan udara dingin yang berada didalam kulkas bertukar dengan udara diluar kulkas sehingga mengakibatkan temperatur rendah didalam kulkas sulit tercapai.
Demikian beberapa faktor penyebab kulkas tidak dingin yang sering terjadi. Untuk kerusakan yang lain dapat menghubungi kami. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

0 comments: