;

Cara Memperbaiki Hp Samsung GT-C 3303i Tidak Bisa Diinstall Game dan Aplikasi

Cara Memperbaiki Hp Samsung GT-C 3303i Tidak Bisa Diinstall Game dan Aplikasi

Samsung GT-C 3303i merupakan salah satu featured mobile phone keluaran vendor ponsel ternama asal Negeri gingseng Samsung. Dibandingkan beberapa feature mobile sejenis lainnya ponsel ini memang memiliki spesifikasi yang cukup terbatas, hal ini tentunya disesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Harga Samsung GT-C 3303i memang relatif murah dibandingkan dengan beberapa model sejenis lainnya.

Samsung GT-C 3303i adalah sebuah ponsel berteknologi touch screen atau layar sentuh dengan body yang cukup kecil. Dilengkapi dengan beberapa fitur multi media, seperti camera, media player, radio (tanpa memerlukan sambungan handsfree), dsb. Harganya yang relatif murah membuat banyak pengguna ponsel, khususnya pengguna lokal lebih memilih type GT-C 3303i katimbang type serupa yang masih berharga diatasnya.
Salah satu celah yang terdapat pada ponsel Samsung GT-C 3303i adalah minimnya kapasitas game storage. Default setting game/aplikasi pada ponsel ini terbatas hanya untuk game/aplikasi yang berukuran dibawah 500kb. Sehingga game atau aplikasi yang berukuran diatas 500kb tidak bisa diinstall tanpa dilakukan perubahan pada parameter settingan game/aplikasi. Kondisi ini juga sering mengakibatkan timbulnya permasalahan pada fungsional Java.
Invalid Jar Downloaded,  Java error, dan beberapa jenis permasalahan Java lainnya. Meskipun kapasitas game storage dapat dirubah menjadi lebih besar, namun cara yang paling aman untuk menggunakan gadget ini adalah dengan membiarkan settingan berada pada value default (tidak dilakukan perubahan), karena konsekwesinya ponsel akan mengalami permasalahan pada sektor Java.
Apabila anda tetap ingin menambahkan kapasitas game storage agar bisa memasang game yang berukuran diatas 500kb, berikut caranya:
Tekan *#52828378# - Pilih OTA Test - Ganti Maximum JAR Size menjadi 1000 (1000kb), kemudian pilih Memory Test lalu ubah nilai default menjadi 2500 (2500kb).
Note: Cara diatas tidak selalu berhasil
Mengatasi masalah Java (Invalid JAR Downloaded)

Perubahan default setting pada OTA Test dan Memory Test dalam beberapa kasus berhasil mengatasi permasalahan Invalid JAR Downloaded, namun tidak jarang juga metode diatas gagal memberikan jalan keluar. Jika kondisinya demikian, maka satu-satunya solusi untuk mengatasi permasalahan Java tersebut adalah dengan melakukan flashing atau upgrade software/firmware.
Upgrade firmware atau OS sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi Kies (PC suite nya Samsung) yang bisa anda download dari situs resmi Samsung. Sayangnya, untuk type GT-C 3303i proses upgrade firmware tidak dapat dilakukan melalui Kies sehingga alternatif terakhirnya adalah dengan melakukan flashing.
Cara flash hp Samsung GT-C 3303i

Bahan yang anda butuhkan adalah:
- Flash loader
- File firmware (software/OS)
- Komputer
- Kabel data/USB (bisa menggunakan kabel USB Blackberry)
Silahkan download program flash loader 7.4.4-SSGV0.5 (cari disitus penyedia program tersebut/browse di Google).
Download firmware GT-C 3303i (jangan salah download, pilih versi untuk GT-C 3303i).
Langkah-langkah flashing Samsung GT-C 3303i

Setelah dua buah file yang dibutuhkan sudah anda siapkan (flash loader dan firmware GT-C 3303i), selanjutnya adalah memulai proses flashing.
Buka folder flash loader, klik icon flash loader untuk menjalankannya. Tampilan awal akan terlihat seperti gambar dibawah.
Cara flash hp Samsung
Klik tombol SET MODEL, pilih C3300_LIBRE_Setting_v02.mdl. File tersebut berada dalam folder flash loader.
Perhatikan gambar diatas. Berikan centang pada bidang "Application binary file", klik browse, lalu pilih C3300IJP.ptt
Selanjutnya berikan centang pada bidang "TFS File", kemudian browse, lalu pilih C3303iJP_TFS.tfs
Terakhir, centang pada bidang "CSC File", klik browse, dan pilih C3303IOJPKB4.csc  lalu klik tombol START.
Sampai disini, pengaturan flash loader sudah selesai dan kita akan melakukan persiapan pada ponsel.
Penting!
Pastikan ponsel anda sudah didetek oleh komputer, jika belum anda harus menginstall ulang driver USB terlebih dahulu agar proses flashing bisa berjalan. 
Matikan ponsel anda (pastikan sebelum anda mematikannya ponsel harus dalam mode samsung kies). Cara settingnya: Pilih pengaturan - koneksi PC - samsung kies - kemudian save.
Colokkan kabel USB ke CPU.
Ponsel dalam keadaan mati - tekan tombol volume bawah (sebagian ponsel menggunakan volume bawah) dan tombol kunci (tekan dalam waktu yang bersamaan) hubungkan kabel USB dengan ponsel dalam keadaan anda masih menekan tombol volume + tombol kunci.
Selanjutnya proses flashing akan berjalan secara otomatis.
Proses flashing akan berlangsung sekitar 10-20 menit tergantung spek komputer yang anda gunakan.
Penting!  
Jangan lepas kabel USB dari ponsel sampai proses flashing selesai. Jika proses flashing sudah selesai, maka ponsel akan hidup dengan sendirinya. Jika ponsel masih dalam keadaan mati berarti proses flashing masih belum selesai. Jika anda mencabut kabel USB sebelum flashing selesai maka ponsel anda akan mati total, namun anda bisa mem-flash ulang.
Baca dengan seksama langkah-langkah diatas agar anda berhasil melakukan flashing dan terbebas dari gangguan Invalid JAR Downloaded.

Artikel Terkait

2 komentar:

The Utuh mengatakan...

Kunbal dilaksanakan. Makasih infonya sob. Nokia nyimak :D

rivelino sayoga mengatakan...

gan klo hp'a gk mau nyala trus d apain?