;

Bagian-Bagian Template Standar │Tata Letak Templates


Nasta 69: sebelumnya saya membahas tentang cara membuat warna tulisan .kali ini blog saya mencoba membahas template, bagian bagian template / tata letak template,. pengen tau bagiannya apa saja, lihat pada gambar,. untuk lebih jelasnya

layout template blogger, template blogger, layout, template, blogger
Layout Template Blogger
Gambar diatas merupakan layout atau tata letak template blogger yang sering digunakan para blogger, namun bisa saja berbeda tergantung kebutuhan dan tema blog nya. Keterangn gambar diatas dapat anda baca dibawah ini :

  • Body (warna hitam)
Bagian layout tempate blogger ini merupakan area template yang terluas, dimana didalamnya terdapat bagian-bagian yang terdiri dari Outer Wrapper, Header, Main Wrapper, Post, Sidebar dan Footer. Pada bagian ini biasanya yang di edit para blogger adalah warna background yang diganti dengan image/gambar dan ukuran huruf didalamnya.
  • Outer Wrapper (warna putih)
Bagian outer wrapper ini merupakan terluas yang kedua, seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, didalam yang terdiri dari Header, Main Wrapper, Sidebar, Post, dan Footer, Bagian ini juda dapat diedit dan dirubah warnanya serta garis yang terdapat didalamnya.

  • Header (warna biru)
Bagian ini letakya pada atas layout, sebagaimana asal katanya adalah head (kepala). Pada bagian ini kita akan menemukan judul blog dan deskripsi dari suatu blog. Dan itu bisa berupa tulisan ataupun berupa gambar baner.

  •  Main Wrapper (warna orange)
 Pada area ini didalamnya terdapat Post, yang terdiri dari tanggal postingan, judul postingan, nama penulis juga biasanya terdapat label postingan serta kotak komentar. Bagian ini biasanya yang di edit adalah warna background, ukuran lebar/width, margin, pading dan border/garis.

  • Post (warna kuning) 
Bagian ini di dalamnya terdapat postingan, seperti yang anda baca pada poin diatas. Pada bagian ini yang diedit biasanya adalah warna background, ukuran lebar/width, margin, pading, bentuk/ukuran huruf yang digunakan dan border/garis. 

  • Sidebar (warna hijau)
Bagian ini relatif artinya bisa terdapat 2 sidebar yang terdiri dari sidebar kanan dan kiri, namaun pada gambar saya hanya menggunakan 1 sidebar kanan. Pada area ini biasanya berisi widget-widget blog yang terdiri arsip blog, label blog, daftar isi, atau kotak berlangganan, entri populer dan lain-lain.

  • Footer (warna hijau muda)
Bagian ini merupakan bagian paling bawah layout (lihat gambar), sebagaimana asal katanya adalah foot (kaki). Pada bagian ini biasanya juga terdiri dari widget blog apabila menggunakan footer 3 kolom atau footer 2 kolom, disamping itu juga pada footer blog ini juga terdapat tulisan copyright dan pemberdayaan template.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagian template blogger standar.

Artikel Terkait

1 comments:

tomi said...

makasih mas penjelasannya.. jadi ngerti nih bagian2 dari themes..
soalnya biasanya tinggal pake