;

Tips Dan Trik Cek Speda Motor Sendiri

Ayo kita jalan-jalan.
Nah pasti diakhir pekan bingung mau kemana, dan apa saja yang harus disiapkan.
Iya kan???,..........
Mana yang mau ke tempat nenek, yang mau ke pantai, yang mau ke pemandian air hangat atau kolam renang dan masih banyak lagi.
Nagh pasti kendaraan perlu dicek terlebih dahulu.

Disini saya akan memberi tips mempersiapkan sepeda motor biar siap digunakan

langsung saja :

1. Pastikan sepeda motor anda bensin dalam keadaan full tank, gak mau kan mogok ditengah jalan gara-gara keabisan bensin,.
Hehe.
2. Pastikan air aki diantara batas upper dan lower, jika di bawah lower isikan air aki, dan jangan sampai melebihi upper, dan pada saat mengisi, pastikan tidak mengenai body sepeda motor, bila mengenai langsung bersihkan dengan sabun. Banyak kok di bengkel-bengkel motor atau mobil.
3. Pastikan percikan bunga api busi masih bagus, bila percikan bunga api pada ujung busi agax menyebar atau kecil, ganti dengan yang baru ( kurang lebih Rp 10 rb rupiah )
4. Cek kondisi ban luar, jika ban luar sudah halus (tipis) maka gantilah dengan yang baru. Ingat-ingat brapa kali anda menambal ban dalam, bila sudah terlalu sering maka gantilah ban dalam anda.
Gak mau kan nanti di tengah perjalanan ban anda bocor, selip saat ditikungan atau di jalan yang licin ( pas hujan / berair ).
5. Periksalah kondisi air radiator anda bila motor anda dilengkapi dengan radiator.
6. Priksalah kondisi lampu sein. gak mau kan bila anda tidak cek pas mau belok kekiri/kanan lampu seinnya tidak hidup, dan orang yang diblakang anda tidak tau apakah andaa mau belok kekiri/kanan, tau tau tiiiiiiiiiiiiiiinnnnnn,,........ Anda pun dikagetkan dengan suara klakson dari blakang anda.
7. Priksa lamu rem, lampu jarak jauh, lampu jarak pendek, lampu senja klo ada yang putus ganti dengan yang baru, dan priksa klakson anda apakah masih berfungsi dengan baik.
8. Priksa ketinggian oli rem cakram, bila dibawah lower diisi dan jangan sampai mengenai body, apabila mengenai langsung bersihkan dengan air sampai bersih.
9. Priksa oli mesin, bila oli kurang (lihat stik pengukur oli) maka diisi.
10. Cek kepakeman rem, bila kampas rem sudah aus maka ganti dengan yang baru (dilihat pada jarum penunjuk yang biasanya terletak di tromol bila rem jenis rem tromol), dan setel jarak bebas main pedal rem (lihat buku petunjuk manual)
Nah bila anda tidak teliti dalam mengecek rem maka bisa kemungkinan terjadi rem blong.
11. Priksa kekencangan rantai, bila rantai kendor kemungkinan pada saat akselerasi rantai loncat dari gear / jalur rantai, dan apa bila saat menyetel terlalu kencang, akan terjadi suara mendesis dan rantai mudah putus. Berilah oli bila kemungkinan diperlukan pelumasan pada rantai.

................
Nah makanya kita harus cek sepeda motor kita pasti bisa gawat ntu kalau lagi berlibur terhambat sesuatu, makanya anda harus rajin-rajin mengecek kondisi motor anda sendiri.

SLAMAT BERLIBUR, dan patuhilah peraturan lalu lintas, dan pastikan kondisi badan selalu fit saat berkendara sepeda motor.

Artikel Terkait

0 comments: