;

Cara Menghilangkan Frost Pada Kulkas Satu Pintu

Frost Pada Kulkas Satu Pintu
contoh gambar


Cara Menghilangkan Frost Pada Kulkas Satu Pintu

Kulkas satu pintu merupakan lemari pendingin yang tidak dilengkapi dengan sistem defros seperti pada kulkas dua pintu, oleh sebab itu proses menghilangkan bunga es pada kulkas satu pintu dilakukan secara alami. Bunga es atau frost dapat dicegah dengan cara mengatur thermostat pada posisi minimal tetapi hal ini mengakibatkan proses pendinginan lebih lama dan tidak dapat mencapai temperatur yang sangat rendah. Jika thermostat diatur pada posisi medium atau maksimal akan mengakibatkan terbentuknya frost pada permukaan evaporator, hal ini selain membuat ruang freezer menjadi sempit juga dapat mengganggu proses pendinginan. Untuk itu perlu penangana yang benar pada saat membersihkan bunga es pada evaporator, berikut ini langkah-langkah membersihkan bunga es pada evaporator kulkas satu pintu:
  1. Lepaskan aliran listrik yang terhubung dengan kulkas, hal ini dilakukan untuk menghindari sengatan listrik atau hubung singkat.
  2. Amankan komponen listrik yang berada didalam kulkas seperti thermostat dan lampu agar tidak terkena air dengan cara membungkusnya dengan plastik atau melepas komponen tersebut, hal ini dilakukan agar tidak ada komponen yang rusak akibat terkena frost yang mencair.
  3. Proses selanjutnya menunggu es mencair sendiri atau dapat menyiramkan air hangat pada permukaan es secara perlahan sehingga es lebih cepat mencair, tetapi harus berhati agar air tidak mengenai komponen listrik pada kulkas.
  4. Setelah frost mencair bersihkan permukaan evaporator dengan air bersih atau dapat menggunakan sabun pencuci piring untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih.
  5. Setelah kulkas bersih sebaiknya keringkan terlebih dahulu permukaan evaporator dengan kain kering, setelah itu kembalikan komponen listrik pada posisi semula.
  6. Setelah itu hubungkan kulkas dengan sumber listrik dan atur posisi thermostat sesuai kebutuhan.
Demikian informasi mengenai cara membersihkan frost pada kulkas satu pintu untuk informasi lainnya dapat menghubungi kami.

Catatan:
  • Jangan mencongkel bunga es dari evaporator karena akan mengakibatkan kebocoran refrigran.
  • Jangan menggosok permukaan evaporator dengan benda yang kasar.
  • Utamakan keselamatan pada saat membersihkan kulkas.

Artikel Terkait

0 comments: